3 Hal Tentang Cuci Tangan


Cuci tangan dengan sabun ialah cara terbaik guna menghentikan penyebaran kuman, dikomparasikan hanya menggunakan air saja. Kebiasaan simpel ini terbukti berperan urgen dalam menolong mencegah penyebaran kuman dan menurunkan jumlah anak yang sakit di semua dunia.

Penyebaran kuman melewati tangan sangatlah sering mengakibatkan penyakit. Oleh sebab itu, PBB mempermaklumkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) atau Global Handwashing Day yang dilaksanakan setiap tanggal 15 Oktober. Hal ini dilaksanakan untuk menggalakkan kelaziman mencuci tangan dengan sabun pada masyarakat. Tujuannya, supaya tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit infeksi yang berpengaruh pada kualitas hidup masyarakat menurun.

  1. Ini Langkah Mudah Mencuci Tangan dengan Benar

Berikut ialah langkah mudah membasuh tangan dengan sabun yang butuh Anda ketahui, yaitu:

  • Buka keran air dan basahi kedua tangan Anda.
  • Gunakan sabun secukupnya dan oleskan ke kedua tangan Anda sampai menutupi semua permukaan tangan.
  • Gosokkan kedua telapak tangan kita secara bergantian.
  • Jangan lupa guna menggosok area salah satu jari-jari tangan dan pun punggung tangan Anda sampai bersih.
  • Bersihkan pula ujung jari kita secara bergantian dengan mengatupkannya.
  • Bersihkan kedua jempol tangan secara bergantian dengan menggenggam dan memutar jempol secara bergantian.
  • Lalu, letakkan ujung jari-jari kita ke telapak tangan, lantas gosok perlahan. Lakukan secara bergantian dengan tangan lainnya.
  • Setelah itu, bilas kedua tangan dengan air yang mengalir.
  • Segera keringkan kedua tangan Anda memakai handuk atau tisu kering yang bersih.
  • Gunakan handuk atau tisu itu untuk menutup keran air. Dan selesailah tahapan mudah membasuh tangan dengan sabun yang dapat Anda kerjakan di mana pun.

2. Pilihan Sabun dan Durasi Efektif Cuci Tangan

Baca Juga :   Mengetahui Gejala TBC Paru yang Tidak Banyak Orang Tahu

Setidaknya, diperlukan minimal 20 detik untuk membasuh tangan Anda sampai bersih dan efektif. Jangan lupa guna mengajarkan cuci tangan yang benar pada Si Kecil dan pun anggota keluarga Anda. Namun butuh Anda ingat, hanya mencuci tangan memakai sabun yang dapat menghilangkan kuman dan menurunkan risiko terpapar penyakit secara efektif, dibanding dengan memakai air saja.

Segala jenis sabun dapat dipakai untuk membasuh tangan, baik sabun mandi, sabun biasa, sabun antiseptik, atau juga sabun cair. Namun, sabun antibakteri atau antiseptik ingin lebih sering dipakai karena sabun antibakteri bisa membunuh kuman dengan baik. Intinya, untuk memberantas kuman saat membasuh tangan, kita perlu membasuh tangan dengan air mengalir dan sabun.

Jika sabun dan air mengalir tidak tersedia, Anda dapat menggunakan tisu antibakteri. Kendati tidak terlampau efektif dikomparasikan dengan membasuh tangan dengan sabun, tisu antibakteri diandalkan  mampu meminimalisir jumlah bakteri di tangan Anda. kita juga dapat menggunakan cairan pembersih tangan berbahan alkohol andai sarana cuci tangan tidak tersedia.

3. Bahaya Tidak Mencuci Tangan

Apa juga yang kita atau Si Kecil kerjakan hari ini, tentu akan bersangkutan dengan kuman. Kuman yang sedang di tangan paling mudah beralih ke unsur mulut saat Anda makan. Hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan.

Cuci tangan ialah salah satu teknik terbaik untuk mengayomi diri dan family Anda dari penyakit. Dengan membudayakan cuci tangan memakai sabun dapat meminimalisir jumlah orang yang sakit diare sebesar 31%, dan meminimalisir penyakit pernapasan laksana pilek sebesar 16-21%.

Berikut sejumlah bahaya saat Anda tidak membasuh tangan:

  • Umumnya, orang tidak jarang menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka tanpa disadari. Hal itu dapat membuat kuman dengan gampang masuk ke dalam tubuh melewati ketiga lokasi yang kita sentuh tadi. Mencuci tangan dengan sabun sebelum santap dapat menangkal Anda terpapar penyakit diare, infeksi drainase pernapasan, serta infeksi kulit dan mata.
  • Ketika Anda santap tanpa membasuh tangan, kuman yang sedang di tangan dapat saja masuk ke minuman dan makanan, baik ketika Anda mulai menyiapkan makanan atau ketika mengonsumsinya. Kuman bisa berkembang biak pada sejumlah jenis makanan dan minuman, yang lantas dapat menciptakan Anda jatuh sakit.
  • Kuman dari tangan yang tidak dicuci, pastinya dapat beralih ke benda lain. Misalnya, mainan, gagang pintu, atau permukaan meja.
Baca Juga :   7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *