2 Tips Dalam Membeli Drone

Drone menjadi teknologi baru yang semakin digandrungi dewasa ini. Pesawat tanpa awak yang dapat mengendalikan dirinya sendiri atau dapat dikendalikan oleh pemakainya dari jarak jauh tersebut awalnya populer karena dipakai oleh militer Amerika Serikat untuk mengerjakan pengintaian atau menyerang markas lawan dengan misil yang dibawanya. Namun akhir-akhir ini, manfaat drone mulai berubah dari fungsi awalnya.

Ya, drone tak hanya dipakai untuk kebutuhan militer saja. Masyarakat sekarang memanfaatkan drone untuk membantu bisnis dan bahkan terdapat yang melakukan pembelian atau mengumpulkan drone melulu untuk hiburan semata. Bagi penyuka fotografi, videografi, atau mereka yang berprofesi sebagai wartawan, eksistensi drone menjadi suatu kebutuhan.

Kalau dulu ingin mengambil gambar atau video dari atas mesti naik ke lokasi tinggi atau memakai helikopter, kini dengan menerbangkan drone saja mereka sudah dapat mengambil gambar dari atas dengan sudut 180 derajat. Tidak heran bila keberadaan drone semakin digandrungi. Bahkan suatu perusahaan penyalur alat elektronik menulis adanya penambahan penjualan drone sampai 200% di tahun 2015 lalu!

Dan menurut keterangan dari lembaga penelitian Gartner, penjualan drone di semua dunia telah menjangkau 3 juta unit di tahun 2017 kemarin. Jumlah yang paling besar bukan? Nah, usut punya usut, penambahan tersebut enggak hanya diakibatkan pemakaian drone yang semakin massive di bidang militer atau bisnis. Penggunaan drone semakin marak dengan adanya tren dronies, pernah mendengarnya?

Mungkin istilahnya asing, tapi pekerjaan ‘dronies’ bukanlah urusan yang asing belakangan ini. Kalian pernah kan lihat selebriti, selebram, atau teman anda mungkin yang berfoto ria atau ber-selfie tapi gunakan drone? Nah, pekerjaan ini yang dinamakan dronies. Berikut ialah beberapa urusan yang mesti diacuhkan dalam memilih drone terbaik yang paling sesuai buat kamu

  1. Pahami dulu jenis-jenis drone yang terdapat di pasaran
Baca Juga :   Agar Gak Ketipu, Begini Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Asli yang Mudah

Drone tidak hanya satu jenis, banyak sekali jenisnya, mulai dari drone mini guna pemula sampai drone profesional. Semua pulang lagi pada keperluan masing-masing pihak yang membelinya. Yup, sebelum anda membeli drone, terdapat baiknya anda melakukan penelitian terlebih dahulu jenis-jenis drone yang ada. Dengan begitu anda akan tahu nih drone terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Mengingat harga drone yang tidak murah, apalagi jika kemudahan dan kemampuannya semakin oke, rasanya sayang bila kalian asal beli, apalagi bila ternyata enggak sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Kamu pun harus mengetahui pemakaian, perawatan, sampai aksesoris yang diperlukan untuk calon drone yang akan anda beli nantinya.

  • Pahami fitur drone

Setelah tahu jenis drone terbaik yang cocok dengan kebutuhanmu, sekarang saatnya menyaksikan fitur yang ditawarkan drone tersebut. Buat anda yang masih pemula, drone dengan fitur auto landing dan auto take off menjadi opsi yang tepat karena anda enggak bakal bingung bagaimana teknik menerbangkannya. Ya, drone baru yang anda beli belum tentu dapat langsung terbang, lho! Itulah kenapa buat yang masih pemula dianjurkan membeli drone dengan control yang lebih mudah.

Kamu pun harus mengecek kode drone yang akan anda beli, apakah tersebut RTF (ready-to-fly) yang dapat langsung diterbangkan sesudah memasang baling-balingnya dan memenuhi ulang baterai, BNF (bird-and-fly) yang telah utuh tapi mesti beli pengendali jauh yang terpisah, atau ARF (almost-ready-to-fly) yang berarti mesti dirangkai (disusun) terlebih dahulu.

Satu hal lagi yang penting, Semahal apa juga drone yang anda beli, bila body-nya terlampau berat (dan anda belum mahir mengendalikannya) maka akan susah diterbangkan juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *