Inilah Gejala Demam Berdarah pada Anak yang Harus Diketahui

Gejala Demam Berdarah

Tidak hanya Anda sendiri, orang lain mungkin juga pernah mendengar bahwa saudara maupun relasi yang harus dirawat inap di rumah sakit akibat demam berdarah yang diderita. Sehingga yang demikian ini pastinya membuat Anda merasa sangat khawatir sekali, apalagi si kecil masih belum bisa bercerita apapun yang dirasakan jika lagi sakit. Atau, bahkan si kecil sama sekali tidak menunjukkan gejala yang biasanya dialami oleh orang dewasa.

Agar semakin waspada, sebenarnya ada beberapa gejala demam berdarah yang bisa dikenali. Gejalanya biasanya akan berlangsung 2 – 7 hari. Namun untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa penjelasan di bawah ini seputar gejala demam berdarah dan pertolongan pertama.

Tanda dan Gejala Demam Berdarah pada Anak

Gejala Demam Berdarah
  • Anak tiba – tiba alami demam tinggi, bahkan sampai 40 derajat celcius
  • Adanya ruam maupun bintik – bintik merah di kulit si kecil, kulit mudah memar
  • Hilangnya nafsu makan
  • Nyeri di bagian sendi, otot, dan tulang
  • Masalah pencernaan, seperti nyeri di perut, mual, dan muntah
Gejala Demam Berdarah

Apabila si kecil sudah alami ciri dan gejala demam berdarah pada anak di atas, sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter. Sehingga dokter bisa secepatnya untuk melakukan tes yang lebih lengkap sebelum akhirnya melakukan diagnosa. Dengan begitu dokter pun juga bisa memberikan pengobatan yang lebih intensif lagi sehingga membuat si kecil lebih cepat sembuh.

Gejala Demam Berdarah

Ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu proses penyembuhan demam berdarah pada si kecil, misalnya saja dengan memastikan agar si kecil banyak beristirahat, memberikan makan makanan yang bergizi, dan mudah ditelan, serta memperbanyak minum air putih untuk mencegahnya dehidrasi.

Gejala Demam Berdarah

Terdapat istilah bahwa mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati. Nah, salah satu cara mengobati demam berdarah anak adalah mencegah si kecil dari gigitan nyamuk. Pastikan lingkungan rumah sudah benar – benar bersih, tidak ada genangan air, sebab nyamuk biasanya lebih senang ada di genangan air dan mudah berkembang biar di tempat tersebut.

Baca Juga :   Isilah Menu Diet Sehat dan Murahmu Dengan Sayuran

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang gejala demam berdarah pada anak yang harus diketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *