Mengetahui Gejala TBC Paru yang Tidak Banyak Orang Tahu

Gejala TBC Paru

Sebelum kami akan membahas lebih jauh tentang gejala utama penyakit TBC paru, tahukah Anda apa itu penyakit TBC atau Tuberculosis? Ini adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium Tubercolosis. Yang juga termasuk jenis penyakit menular yang berbahaya. Umumnya, penyakit tersebut menular lewat percikan dahak saat bersin atau batuk.

Tidak hanya menyerang paru – paru, tetapi TBC juga akan menyebabkan kelenjar getah bening, tulang, kulit, otak, dan usus. Makanya penting sekali bagi Anda untuk mengetahui ciri ciri gejala TBC paru agar jika Anda memang terdeteksi mengindap penyakit tersebut bisa segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Gejala TBC Paru

Nah, berikut ini akan kami informasikan seputar gejala TBC paru pada orang dewasa, gejala TBC paru pada anak, maupun pada bayi. Mari simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Gejala TBC Paru yang Tidak Banyak Orang Tahu

Batuk

Batuk

Gejala yang pertama adalah batuk. Jenis batuk yang menjadi gejala dari penyakit ini seperti batuk berdahak lebih dari 3 minggu lamanya. Percikan dahak tersebut bisa menularkan kuman  kepada orang lain.

Tetapi demikian, pada beberapa orang gejala batuk ini ternyata bisa hilang timbul juga tak banyak dahak yang keluar, sehingga tidak heran jika kerap kali disalahartikan sebagai batuk biasa.

Demam

Demam

Gejala umum penyakit tersebut juga penting untuk diketahui adalah demam. Demam pada penderita TBC paru ini pada dasarnya tidak terlalu tinggi, bahkan seringnya terjadi di malam hari, atau terkadang penderita sampai menggigil.

Demam bisa saja berlangsung cukup lama, yakni lebih dari 2 minggu. Hampir sama dengan batuk, demam pada penderita TBC ini juga sering sekali tidak dihiraukan penderita sebab dianggap sebagai penyakit biasa.

Baca Juga :   Inilah Gejala Demam Berdarah pada Anak yang Harus Diketahui

Keringat malam

Keringat malam

Pada dasarnya demam yang terjadi di malam hari kerap kali diikuti dengan produksi keringat yang berlebih. Meskipun cuaca sedang tidak panas, tetapi penderita ini akan tetap berkeringat lebih banyak dari biasanya.

Nah, itu tadi beberapa gejala utama penyakit TBC paru yang tidak banyak orang tahu sehingga sering sekali diabaikan. Apabila Anda alami gejala tersebut, Anda patut memeriksakan diri segera ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *